Rangkuman Menulis Kreatif oleh Raditya Dika

Untuk menjadi seorang penulis yang kreatif, kita harus puny tekad yg kuat. Selain itu, kita juga harus punya guru yg bisa membimbing kita agar bisa menjadi penulis yg kreatif. Beruntungnya saya mendapat guru yg baik selama 3 tahun dan bisa membimbing saya dengan penuh kesabaran.
Semenjak itu juga saya diajarkan banyak cara untuk menjadi penulis. Bagaimanasih caranya menulis? Terus terang, saya bingung menjawabnya. Karena untuk menjawab pertanyaan sederhana tersebut dengan baik, saya bisa menghabiskan  bergela sgelas kopi, duduk berharihari menjelaskan, dari mulai mencari ide sampai dengan mengedit tulisan. Tidak ada jawaban singkat.
Pertama tama kalian juga harus sering membaca buku, menemukan ide, menciptakan karakter, dan penulisan alur tiga babak adalah teknik yang saya adaptasi dari hasil pembelajaran saya menjadi penulis skenario film.
Contoh contoh yg saya gunakan juga banyak dari buku novel. Namun, babbab lain saya lebih mengkhususkan diri kepada. Kedua kalian juga bisa menulis kata kata yg indah. Jika kalian sering sering membaca buku novel, majalah, dan lain lain, kalian akan terinspirasi.
Maka, ide itu datang suatu hari: saya ingin membuat buku panduan menulis. Namun, dilema datang dalam diri saya, saya merasa belum  cukup cihui untuk menulis sebuah buku panduan. Saya yakin masih banyak orang lain yang ilmu menulisnya lebih jago dibandingkan saya. Maka, saya mengubah cara berpikir saya, buku ini tidak sertamerta untuk mengajarkan ilmu menulis, tetapi untuk membagi rahasia saya dalam menulis karyakarya saya.
Dengan demikian mudahmudahan saya bisa mengurangi kesan menggurui dan lebih ke arah berbagi rahasia. Aman. Seiring berjalannya waktu, dari detik ke menit, menit ke jam, jam ke hari, hari ke minggu, minggu ke bulan, dan bulan ke tahun saya sering membaca buku dan akhirnya saya terinspirasi membuat buku. Setelah jadi, saya jual dan akhirnya saya mendapatkan penghasilan.
Sebagai calon penulis, sudah menjadi tugas kalian untuk memilih peraturan apa yang kalian mau ikuti. Anggap saja buku ini sebagai buku yang memberikan "aturanaturan" dalam menulis, lalu kalian dengan senang hati bebas untuk melanggarnya. Tidak ada yang benar di dalam seni, yang ada hanyalah apa yang paling membuat kamu nyaman dalam berkarya.

Comments

Popular posts from this blog

kebersihan kelas 7B

liburanku